Program Studi S1 Public Relations


Program Studi S1 Public Relations adalah salah satu program studi yang ada di Kelas Karyawan Universitas Dian Nusantara Jakarta dengan keterangan sebagai berikut:

PROGRAM STUDI: S1 PUBLIC RELATIONS
Gelar Lulusan: SIkom. (Sarjana Ilmu Komunikasi)

MASA STUDI DAN BEBAN STUDI
Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat
– Masa studi : 8 – 10 semester (4 – 5 tahun)
– Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 144 – 146 sks

Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar

WAKTU KULIAH
Waktu kuliah dapat dipilih yaitu:

  • Senin – Jumat Jam 19.00 – 21.30 WIB + Elearning
  • Sabtu Jam 07.00 – 14.30 WIB + Elearning
  • Sabtu Jam 14.30 – 22.00 WIB + Elearning

PILIHAN KAMPUS
Mahasiswa bisa memilih kampus di bawah ini:
– Kampus Tanjung Duren: Jl. Tanjung Duren Barat I No. 1, Grogol, Jakarta Barat
– Kampus Cengkareng: Jl. Jalan Lingkar Komplek Malibu Blok L No 75, Cengkareng, Jakarta Barat
– Kampus Cibubur: Jl.Rw Dolar 65, Jatisampurna, Cibubur, Bekasi

BIAYA KULIAH DAN PENDAFTARAN
Untuk informasi Biaya Kuliah dan Pendaftaran KLIK DISINI

DESKRIPSI PROGRAM STUDI PUBLIC RELATIONS

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara sebagai lembaga pendidikan tinggi yang lulusannya akan terjun ke masyarakat, maka kurikulumnya dikemas sedemikian rupa agar mampu membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat maupun di dunia kerja atau industri. Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara adalah lulusan yang akan bekerja pada dunia kerja, dunia industri, atau wirausaha, sehingga tidak terlepas dari sistem sosial, sistem perekonomian dan ketenagakerjaan. Oleh karena itu, dalam penyusunan kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara, selain muatan hard skills juga memasukan muatan soft skills sebagai suatu amanah yang harus terkandung pada kurikulum.

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan bagian dari Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial yang berdiri sesuai dengan ijin operasional seperti disebutkan di atas, sedangkan efektif mulai beroperasi di Jakarta yaitu pada tahun akademik 2019/2020 dengan proses pembelajarannya menggunakan kurikulum tahun 2019 yang kemudian dilakukan penyempurnaan pada tahun 2020. Penyempurnaan ini dilakukan berkaitan dengan Revolusi Industri 4.0 yang terus digemakan di mana penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu yang perlu diperhatikan di samping pencapaian dari visi, misi, dan sasaran program studi ilmu komunikasi.

Penyempurnaan kurikulum yang dilakukan selain pencapaian di atas, maka seiring dengan adanya Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Program Studi Ilmu Komunikasi perlu menyesuaikan terhadap kebijakan tersebut melalui pengembangan kurikulum yakni kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dengan demikian Program Studi Ilmu Komunikasi melaksanakan 2 (dua) kurikulum, yaitu kurikulum secara regular dan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Pengembangan kurikulum tersebut dilakukan menuju pada transformasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendikbud nomor 3 tahun 2020, maka pada tahun 2021 telah dilakukan penyesuaian dengan mempertimbangkan karakteristik keilmuan di bidang ilmu komunikasi.

Visi dan Misi

Visi
“Menjadi Program Studi Terpercaya dan Profesional yang Berwawasan Global, untuk memenuhi kebutuhan Dunia Industri dan Kewirausahaan dalam Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional pada tahun 2030”

Misi

  1. Menyelenggarakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bidang penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi pemasaran (marketing communication) yang bermutu, terpercaya dan profesional.
  2. Mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa melalui berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan kewirausahaan secara berkesinambungan dalam bidang penyiaran (broadcasting), hubungan masyarakat (public relation) dan komunikasi pemasaran (marketing communication).
  3. Menyediakan sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar bidang penyiaran, hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran berbasis teknologi terkini yang tepat guna melampaui standar mutu Pendidikan Tinggi Nasional.
  4. Menerapkan tata kelola program studi yang efektif dan efisien melalui lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.
  5. Membangun kerjasama dan hubungan yang sinergis dengan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang komunikasi.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, beretika, kompeten, dan berdaya saing tinggi serta mampu mengembangkan sains dan teknologi bidang komunikasi, baik di tingkat nasional maupun global;
  2. Menghasilkan penelitian unggulan dan inovasi yang mendorong pengembangan sains dan teknologi bidang komunikasi dalam skala nasional maupun global;
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kegiatan pendidikan dan penelitian bidang komunikasi dalam rangka membantu memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara cerdas, mandiri, dan berkelanjutan;
  4. Mewujudkan kemandirian program studi yang adaptif, kreatif, proaktif dan berkualitas terhadap tuntutan perkembangan teknologi yang berdampak terhadap terwujudnya good university governance
KOMPETENSI LULUSAN

Sarjana Ilmu Komunikasi memiliki kompetensi mengimplementasikan konsep, teori, metodologi ilmu komunikasi dan studi media serta mengembangkan kemampuan manajerial strategis serta kreatif media untuk kepentingan pembangunan, penyusunan kebijakan dan pemberdayaan masyarakat; memiliki kemampuan melakukan penelitian di bidang komunikasi massa secara umum, bidang kebijakan regulasi media secara khusus dan mampu menghasilkan kebijakan regulasi media secara internal maupun eksternal yang selaras dengan kepentingan sosial, ekonomi, politik, kultural yang berlaku.

Konsentrasi Hubungan Masyarakat/Humas (Public Relations / PR)

Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi; memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi; membawa individu ataupun organisasi menjadi populer, berkembang pesat, solid, dan mendapat dukungan; secara internal organisasi menjadi pusat informasi organisasi sehingga mampu mendinamisasi, motivator dan menciptakan iklim organisasi yang kondusif sesuai dengan tuntutan zaman; secara eksternal organisasi menjadi manager komunikasi dalam menghadapi pers dan masyarakat; dan membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya. Juga memiliki kemampuan menyusun perencanaan dan melakukan analisis atas problema komunikasi kehumasan yang berorientasi kepada customer relation management; mampu menjadi tenaga profesional yang handal di bidang pemasaran dan kehumasan dalam komunikasi publik media massa dan multimedia

Konsentrasi Periklanan (Advertising)

Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menerapkan strategi kreatif periklanan dan strategi pemasaran; merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan; menggunakan komputer dalam membuat desain komunikasi visual, desain grafis dan animasi periklanan; menggunakan dan memahami teknik kamera elektronik, melakukan recording dan editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, membuat copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya mengolahnya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dsb.

Konsentrasi Penyiaran (Broadcasting)

Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta dan informasi kepada masyarakat luas yang dikemas dalam bentuk siaran; memiliki kemampuan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi; mampu menyusun rencana kerja redaksi lembaga broadcasting yang berazaskan kaidah-kaidah kepenyiaran; mampu mengolah bahan berita, dan menyajikannya di media massa cetak dan elektronik; memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang kepenyiaran yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis.

Konsentrasi Jurnalistik

Selain kompetensi seperti uraian tersebut di atas, Lulusan Ilmu Komunikasi juga dibekali dengan pengetahuan, kemampuan, etika profesi, dan ketrampilan untuk menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi, pendapat pemerhati secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan dan dipublikasikan pada surat kabar, majalah, dan media massa lainnya; memiliki kemampuan untuk membuat interpretasi dan memberikan pendapat yang didasarkan pada isi berita; serta dibekali dengan pemahaman bahwa dalam jurnalistik selalu harus ada unsur kesegaran waktu (timeliness atau aktualitas).

PROFESI LULUSAN

Sarjana Ilmu Komunikasi dapat bekerja dan berkarir di semua jenis perusahaan (lokal, nasional/regional, maupun multinasional), semua lembaga pemerintah dan non pemerintah termasuk LSM, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), semua departemen, lembaga keuangan, lembaga pelayanan publik (swasta maupun pemerintah), media penyiaran, media periklanan, industri pertelevisian, perfilman, rumah produksi (production house), industri media cetak (koran, tabloid, majalah), media elektronik (TV, radio, internet) sebagai tenaga profesional, praktisi dan konsultan PR/Humas, konsultan periklanan, konsultan penyiaran, konsultan jurnalistik, sebagai media planner, account executive, art/creative director, copywriter, presenter, television broadcaster, radio broadcaster, producer, professional master of ceremony, MC Professional, jurnalis, reporter, wartawan, peneliti, anggota DPR / DPRD, akademisi/dosen, pemimpin/manajer, pengamat komunikasi publik, pengamat komunikasi politik, pengamat media, pemerintah dan pengamat masalah-masalah dan fenomena komunikasi yang terjadi di masyarakat, koresponden, pengamat humas pemerintah, dsb.

Menjadi dosen/pengajar/peneliti bidang ilmu komunikasi di PTN/PTS atau pusat-pusat pendidikan dan pelatihan (pusdiklat), atau peneliti di Lembaha-lembaga Riset, Rating, Survei.

Setiap orang memang mempunyai hak untuk daftar menjadi seorang pegawai negeri sipil, untuk lulusan Budidaya Perikanan juga bisa melamar kerja sebagai PNS dan yang paling sesuai adalah melamar ke instansi pemerintahan seperti Kementrian Kelautan dan Perikanan, Balai Penelitian Kelautan, Dinas Perikanan Daerah, dan lain sebagainya.

Berwiraswasta (Entreprenuer) dengan mendirikan perusahaan periklanan, perusahaan media massa, perusahaan penyiaran, media periklanan, media penyiaran, media cetak (koran, tabloid, majalah, media elektronik (TV, radio, internet), konsultan hubungan masyarakat, konsultan periklanan, konsultan penyiaran, konsultan jurnalistik, dsb.

KURIKULUM

Kurikulum Program Ilmu Komunikasi

Semester 1
  • Bahasa Indonesia Indonesian Language
  • Pancasila Pancasila (National Ideology)
  • Pengantar ilmu komunikasi Introduction to communication studies
  • Pengantar Public Relations Introduction To Public Relations
  • Komunikasi Organisasi Communication Of Organization
  • Teori Komunikasi Communication Theory
  • Dasar-Dasar Manajemen & Kepemimpinan Principles Of Management And Leadership
Semester 2
  • Pendidikan Karakter Character Building
  • Kewirausahaan I Entrepreneurship I
  • Komunikasi Massa Mass Communication
  • Sosiologi Komunikasi Sociology Of Communication
  • Psikologi Komunikasi Psychology Of Communication
  • Komunikasi Kreatif Creative Communication
  • Manajemen Media Massa Mess Media Management
Semester 3
  • Pendidikan agama
  • Bahasa Inggris I English I
  • Statistika Sosial* Social Statistics
  • Komunikasi Lintas Budaya Intercultural Communication
  • Metode Penelitian Kualitatif Research Method Qualitative
  • Kewirausahaan II* Entrepreneurship II
  • Dasar-Dasar Logika Principles Of Logics
Semester 4
  • Kewarganegaraan Citizenship
  • Metode Penelitian Kuantitatif Research Method Quantitative
  • New Media Convergence New Media Convergence
  • Komunikasi Global Global Communication
  • Creative Art Creative Art
  • Riset Komunikasi Communication Research
  • Human Relations Human Relations
Semester 5
  • Sinematografi (M)* Cinematography
  • Dasar-Dasar Fotografi(M)* Basic Of Photography
  • Digital Editing(M)* Digital Editing
  • Integrated Marketing Communication(M) Integrated Marketing Communication
  • Public Speaking(M)* Public Speaking
  • Komunikasi Multimedia(M) Multimedia Communications
  • Copywriting(M) Copywriting
Semester 6
  • Produksi Media Cetak PR Printer Public Relations Media Production
  • Issue And Crisis Management Issue And Crisis Management
  • Professional Image Professional Image
  • Bahasa Inggris II English II (TOEFL)
  • Media Relations Dan Digital Monitor Media Relations And Digital Media Monitoring
  • Stakeholder Relations Stakeholder Relations
  • Corporate Reputation Management Corporate Reputation Management
Semester 7
  • Corporate Reputation Brand And Communication Plan Corporate Brand And Communication Plan
  • Etika Profesi PR Profession Ethics Of Public Relations
  • PR Management Public Relations Management
  • Teknik Lobby dan Negosiasi Lobby Technique And Negotiation
  • Perkembangan Teknologi Komunikasi Communication Technology Development
  • Produksi Media Cetak PR Printer Public Relation Media Production
  • Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Marketing Komunikasi (Marketing Communication)
Semester 6
  • Produksi Iklan Cetak Dan Luar Ruang* Printed And Outdoor Advertising Production
  • Media Planning And Buying Advance Media Planning And Buying Advance
  • Account Manajemen Account Management
  • Pengantar Public Relations Introduction To Public Relations
  • Creative Art Creative Art
  • Produksi Iklan Audio Visual Audio Visual Advertising Production
  • Digital Marketing Communications Digital Marketing Communications
  • Advertising Project Management Advertising Project Management
Semester 7
  • Corporate Reputation Brand And Communication Plan Corporate Brand And Communication Plan
  • Etika Profesi PR Profession Ethics Of Public Relations
  • Account Manajemen Account Management
  • PR Management Public Relations Management
  • Teknik Lobby dan Negosiasi Lobby Technique And Negotiation
  • Perkembangan Teknologi Komunikasi Communication Technology Development
  • Produksi Media Cetak PR Printer Public Relation Media Production
  • Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Semester 8
  • Tugas Akhir Final Project
  • Kerja Praktek Internship
Penyiaran (Broadcasting)
Semester 6
  • News Cast And Announcer News Cast And Announcer
  • Penulisan Naskah Berita TV* Printed News Television
  • Dasar-Dasar Penyiaran Principles Of Broadcasting
  • Feature Dan Documenter TV Feature And Documentary Television
  • Etika Penyiaran Broadcasting Ethic
  • Keproduseran dan Program Keproduseran dan Program
  • Penulisan Naskah Non Berita TV Penulisan Naskah Non Berita TV
Semester 7
  • Produksi Radio* Radio Production
  • Sistem Studio Studio System
  • Produksi TV Production TV
  • Produksi Berita TV* Production News TV
  • Indonesia Media Sistem Indonesia Media Sistem
  • Creative Program Creative Program
  • Seminar Masalah Komunikasi Communication Issue Seminar
Semester 8
  • Tugas Akhir Final Project
  • Kerja Praktek Internship

FASILITAS

Fasilitas kampus didukung berbagai sarana lain diantaranya:

– Lab Komputer
– Auditorium
– Poliklinik
– Ruang Kelas
– Ruang Radio
– Perpustakaan