S1 Manajemen


Program Studi S1 Manajemen adalah salah satu program studi yang ada di Kelas Karyawan Universitas Dian Nusantara Jakarta dengan keterangan sebagai berikut:

PROGRAM STUDI: S1 Manajemen
Gelar Lulusan: SM. (Sarjana Manajemen)

MASA STUDI DAN BEBAN STUDI
Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat
– Masa studi : 8 – 10 semester (4 – 5 tahun)
– Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 144 – 146 sks

Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar

WAKTU KULIAH
Waktu kuliah dapat dipilih yaitu:

  • Senin – Jumat Jam 19.00 – 21.30 WIB + Elearning
  • Sabtu Jam 07.00 – 14.30 WIB + Elearning
  • Sabtu Jam 14.30 – 22.00 WIB + Elearning

PILIHAN KAMPUS
Mahasiswa bisa memilih kampus di bawah ini:
– Kampus Tanjung Duren: Jl. Tanjung Duren Barat I No. 1, Grogol, Jakarta Barat
– Kampus Cengkareng: Jl. Jalan Lingkar Komplek Malibu Blok L No 75, Cengkareng, Jakarta Barat
– Kampus Cibubur: Jl.Rw Dolar 65, Jatisampurna, Cibubur, Bekasi

BIAYA KULIAH DAN PENDAFTARAN
Untuk informasi Biaya Kuliah dan Pendaftaran KLIK DISINI

DESKRIPSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Perubahan paradigma pendidikan dari supply driven ke demand driven menuntut perguruan tinggi bertanggung jawab terhadap kualitas lulusan termasuk dalam hal mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Perguruan tinggi tidak hanya berfungsi sebagai pemasok tenaga kerja, namun juga akan menghasilkan lulusan sebagai sumber daya manusia yang benar- benar dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja.

Seiring dengan adanya Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Oleh karena itu, melalui program studi sudah mempersiapkan lulusannya sebaik mungkin dalam bentuk desain kurikulum dan proses pembelajaran yang berkualitas. Menghadapi tantangan era global dan pasar bebas, diperlukan sumberdaya manusia yang profesional, berwawasan luas, kreatif dan inovatif. Perguruan tinggi harus mampu melaksanakan metode pendidikan dalam rangka membentuk lulusan yang mampu bersaing secara global dan mampu menciptakan peluang kerja. Guna mencapai tujuan tersebut maka setiap perguruan tinggi menetapkan visi, misi, tujuan dan kompetensi lulusan disesuaikan dengan kebutuhan stakeholders. Program Studi Manajemen Universitas Dian Nusantara Jakarta telah mengantisipasi kebutuhan pasar akan tenaga manajemen yang handal dan kompeten dengan kebutuhan dunia kerja, dengan melaksanakan pendidikan secara teori dan praktik.

Program Studi Manajemen, pada Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara (FBIS-UNDIRA) merupakan bagian tak terpisahkan dari organisasi Universitas Dian Nusantara secara keseluruhan, yang berkedudukan di Jakarta dengan kampus utama terletak di Jl. Raya Tanjung Duren Barat 2/1, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat, 11470. Universitas Dian Nusantara didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 115/KPT/I/2019 tentang Perubahan Lokasi Universitas Dian Nusantara dari Kota Medan ke Jakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Dian Asra. Yayasan Dian Asra didirikan pada tanggal 13 Juli 2018 sesuai akta notaris Nomor: 03 Tanggal 13 Juli 2018 dengan Akta Notaris H. FIDE PRIMA HARTANTO, SH., MKn. Saat ini Program Studi Manajemen Universitas Dian Nusantara medapatkan Status, Nilai, Peringkat, dan Masa Berlaku Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 10401/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2021 dengan Akreditasi Baik berlaku sejak 25 Agustus 2021 sampai dengan 25 Agustus 2026.

Program studi Manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau korporasi, yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Manajemen mempelajari bagaimana mengendalikan roda perusahaan berupa kegiatan yang meliputi kebijakan manajemen perusahaan, organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan dan kepegawaian, manajemen produksi, pemasaran, administrasi, hingga organisasi nirlaba. Meskipun sama-sama di dalam bidang Ekonomi dan Bisnis, jurusan manajemen ternyata memiliki perbedaan dengan jurusan akuntansi maupun ekonomi. Jurusan manajemen ini merupakan salah satu jurusan yang lebih menjurus kepada pengaturan manajemen kegiatan perusahaan. Bisa dibilang jurusan yang satu ini adalah satu jurusan yang bertugas untuk mengendalikan arah dan roda dari suatu perusahaan ketika lulus kelak. Dari jurusan manajemen ini terbagi menjadi beberapa peminatan. Setiap peminatan dari jurusan tersebut juga memiliki tugas dan kelebihan masing-masing.

Menghasilkan lulusan yang berjiwa dan berkarakter, profil lulusan disusun oleh program studi manajemen untuk dapat menjalankan peran-peran yang dinyatakan dalam profil tersebut sesuai dengan kemampuan yang dinyatakan dalam rumusan CPL. Peran yang dapat dilakukan oleh lulusan sesuai dengan kompetensi bidang manajemen yang dibutuhkan pemerintah dan dunia usaha maupun industri, serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Adapun profil lulusan program studi Manajemen diharapkan akan menjadi seorang Asisten Peneliti Bidang Ekonomi Manajemen/ Asisten Akademisi, Tenaga Ahli Bidang Ekonomi Manajemen, Profesional, Konsultan, Tenaga Ahli Bidang Manajemen dan Wirausaha Konsentrasi atau Peminatan Program Studi Manajemen:

  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Operasional

Prodi Manajemen Undira saat ini memiliki 23 orang dosen tetap yang memiliki nomor induk dosen nasional (ber-NIDN) dengan kualifikasi 50% berpendidikan Doktor (S3) dalam dan luar negeri dan Magister (S2) dan memiliki kepangkatan Jabatan Fungsional Akademik terdiri dari Profesor, Lektor Kepala, Lektor dan Asisten Ahli dan dan tersertifikasi Pendidik Kementerian Dikti.

Visi dan Misi
Visi
“Menjadi Program Studi Terpercaya dan Profesional yang Berwawasan Global, untuk memenuhi kebutuhan Dunia Industri dan Kewirausahaan dalam Bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional pada tahun 2030”

Misi

  1. Menyelenggarakan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat bidang manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasional yang Bermutu, Terpercaya dan Professional.
  2. Mengembangkan Kemampuan dan Keterampilan mahasiswa melalui berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan Dunia industri dan Kewirausahaan secara berkesinambungan dalam Bidang Manajemen.
  3. Menyediakan Sarana dan Prasarana pendukung proses belajar mengajar Bidang Manajemen melampaui standar mutu Pendidikan Tinggi Nasional.
  4. Menerapkan Tata Kelola Program Studi yang Efektif dan Efisien melalui lingkungan kerja yang Harmonis dan Produktif.
  5. Membangun Kerja Sama dan Hubungan yang sinergis dengan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang Manajemen.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, beretika, kompeten dan berdaya saing tinggi serta mampu mengembangkan Ilmu Bisnis dan Sosial baik di tingkat nasional maupun global.
  2. Menghasilkan penelitian unggulan dan inovasi yang mendorong pengembangan sains dan teknologi bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional dalam skala nasional maupun global;
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil kegiatan pendidikan dan penelitian bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasional dalam rangka membantu memberdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara cerdas, mandiri dan berkelanjutan;
  4. Mewujudkan kemandirian program studi yang adaptif, kreatif, proaktif dan berkualitas terhadap tuntutan perkembangan teknologi yang berdampak terhadap terwujudnya good university governance.

KOMPETENSI LULUSAN

  • Lulusan Program Studi Manajemen dibekali dengan pengetahuan, etika, kemampuan dan ketrampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dalam bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan operasional, serta mengambil keputusan stratejik.
  • Selain itu, juga dibekali dengan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengelola perusahaan, mengembangkan sistem informasi manajemen, membuat rencana bisnis, melakukan presentasi dan negosiasi bisnis dengan baik; kemampuan analitis ekonomi, kuantitatif dan manajemen; menyusun dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan publik dan non publik; melakukan analisis pasar keuangan(Pasar valas, pasar uang dan pasar modal); menyusun rancangan studi kelayakan bisnis; melakukan perencanaan dan riset pemasaran; analisis Perdagangan Internasional, dsb.
  • Kompetensi dasar Sarjana Manajemen adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang manajemen; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang manajemen, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang manajemen, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
  • Lulusan Program Studi Manajemen memiliki kemampuan memimpin organisasi bisnis dengan integritas yang kuat, yaitu kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, kemampuan berkerjasama dalam tim, kemampuan memahami pengetahuan terhadap etika, kemampuan memahami pengetahuan di bidang manajemen, kemampuan memimpin orang lain.

PROFESI LULUSAN

  • Entreprenuer (wirausahawan), akademisi atau berkarir di instansi pemerintah dan swasta sebagai manajer yang profesional dan ahli di bidang pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, produksi dan operasional pada perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, rumah sakit, hotel, perbankan, pendidikan, teknologi informasi, komunikasi, dan sebagainya.
  • Menjadi Konsultan manajemen/bisnis yang handal, dan Wirausahawan yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi.

KURIKULUM

Kurikulum Program Studi Akuntansi

Kurikulum Program Studi Manajemen disusun sesuai dengan kebutuhan dunia industry yang mengacu pada peraturan pemerintah yang berlaku dan berbasis KKNI yaitu yang menggabungkan kompetensi dari aspek hard skills maupun soft skills. Kurikulum program studi Manajemen disebut dengan kurikulum tahun 2022 dan MBKM (Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka).

Semester 1
  • Pancasila (EL)
  • Bahasa Indonesia (EL)
  • Pengatar Ekonomi Bisnis
  • Pengantar Ekonomi Mikro
  • Pengantar Akuntansi (SA)
  • Matematika Bisnis
  • Pengantar Manajemen
Semester 2
  • Akuntansi Berbasis Komputer
  • Pendidikan Karakter (EL)
  • Kewirausahaan 1 (EL)
  • Etika dan Hukum Bisnis (EL)
  • Pengantar Ekonomi Makro
  • Komunikasi Lintas Budaya
  • Perpajakan (SA)
Semester 3
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Operasional (EL)
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Pendidikan Agama (EL)
  • Bahasa Inggris 1 (EL)
  • Perekonomian Indonesia (SA)
Semester 4
  • Kewirausahaan ll (EL)
  • Simulasi Bisnis (EL)
  • Penganggaran Perusahaan
  • Statistik
  • Kewarganegaraan (EL)
  • Manajemen Perubahan (SA)
Semester 5
  • Perbankan Syariah
  • Klinik Wirausaha
  • Sistem Informasi Manajemen (SA)
  • Perilaku Organisasi (EL)
  • Manajemen Strategi (EL)
  • Bisnis Internasional (EL)
  • Perilaku Konsumen
Semester 6
  • sistem akademik
  • Metodelogi Penelitian
  • Bahasa Inggris 2 (TOEFL) (EL)
  • Pasar Modal (SA)
  • Pilihan Konsentrasi 1 ( Pemasaran / SDM / Keuangan / Operasional ) (EL)
  • Pilihan Konsentrasi 2 ( Pemasaran / SDM/ Keuangan / Operasional ) (EL)
  • Pilihan Konsentrasi 3 ( Pemasaran / SDM / Keuangan / Operasional )
Semester 7
  • Pengambilan  Keputusan Manajerial
  • Magang
  • Prociency/Kemahiran Bahasa Inggris (TOEIC) (EL)
Semester 8
  • Tugas Akhir

FASILITAS

Fasilitas kampus didukung berbagai sarana lain diantaranya:

– Lab Komputer
– Auditorium
– Poliklinik
– Ruang Kelas
– Ruang Radio
– Perpustakaan